Iklan

Iklan

323 CJH Asal Sulut Diberangkatkan ke Tanah Suci

dikanal
27 Juni 2022, 22:21 WIB Last Updated 2022-08-14T15:00:35Z
MANADO, dikanal.com -
Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara, Praseno Hadi melepas 323 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Bumi Nyiur Melambai di Asrama Wisma Haji Tuminting, Kota Manado, Senin (27/6/2022).

Para Calon Jamaah Haji rencananya diberangkatkan dari Bandara Sam Ratulangi menuju ke Balikpapan sebelum bertolak ke Tanah Suci.

Pada kesempatan itu, Pj Sekdaprov Praseno Hadi memberikan motivasi sekaligus menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara kepada setiap calon Jamaah Haji yang akan berangkat ke embarkasi Balikpapan sejumlah Rp2.500.000.

"Mudah-mudahan ini bisa meringankan beban bapak ibu sekalian," ujarnya yang disambut dengan tepuk tangan meriah calon jemaah haji.

Praseno pun membawa pesan Gubernur Sulut Olly Dondokambey agar para jemaah menjaga kesehatan selama berada di Jedaah Arab Saudi.

"Saat ini suhu disana sangat tinggi, 45 derajat celcius bahkan diperkirakan saat berada di padang arafah tadi Pak Kakanwil berbisik bisa mencapai 50 derajat celcius, jadi mesti banyak minum dan beristirahat," kata Praseno mengingatkan sembari berharap para calon jemaah haji asal Sulut bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara H. Anwar Abubakar, SAg, MPd dalam sambutannya mengatakan suasana kebatinan seluruh calon jemaah luar biasa, karena selama 2 tahun terakhir semua menunggu momen penting ini.

Lanjut Abubakar, calon jemaah haji yang akan diberangkatkan juga telah melalui test Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Alhamdulilah, seluruhnya semua dinyatakan negatif," ujarnya yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh seluruh calon jemaah.

Ia menambahkan, semua jemaah telah mendapatkan bimbingan manasik Haji baik ditingkat kabupaten dan kecamatan.

"Bahkan sejak mereka masuk ke Asrama Haji Manado ini, juga telah dilakukan oleh seluruh petugas yang akan menyertai Jamaah Sulut, semoga bisa kembali menjadi haji yang mabrur," kata Abubakar.

Turut hadir pada kegiatan itu, pengurus  Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulawesi Utara, Jajaran pejabat Kemenag Sulawesi Utara dan isntansi terkait lainnya. (*/red)







Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 323 CJH Asal Sulut Diberangkatkan ke Tanah Suci

Terkini

Topik Populer

Iklan