Iklan

Iklan

5 Peserta Calon Sekprov Sulut Ikuti Tahapan Tes Penulisan Makalah

dikanal
29 Agustus 2022, 12:20 WIB Last Updated 2022-08-29T04:22:20Z
Pelaksanaan tes Penulisan Makalah untuk kelima peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara. Foto: Istimewa


SULUT, dikanal.com -
5 (lima) peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara mengikuti tahapan tes Penulisan Makalah yang dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut, Jumat (26/08/2022).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr Praseno Hadi, Ak, MM membukka tahapan Penulisan Makalah ditandai dengan dibukanya sampul naskah yang berisikan Outline Makalah oleh Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi.

Selanjutnya, kelima peserta diberi waktu selama 120 menit atau 2 jam untuk menyelesaikan tulisan dengan tema 'Optimalisasi Peran Sekretaris Daerah Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik & Bersih serta Berorientas Pelayanan Dalam Rangka Mengejawantahkan Visi/Misi Kepala Daerah'.

'Setiap peserta diberikan kebebasan menentukan sendiri judul makalah yang akan ditulis yang dikaitkan dengan tema yang telah diberikan oleh Panitia Seleksi," ujar Prseno pada pembukaan kegiatan.

Sementara, Ketua Panitia Seleksi Dr Drs A Fatoni, MSi yang mamantau melalui virtual mengatakan, bahwa salah satu unsur yg dinilai dalam penulisan makalah ini adalah ketajaman analisis setiap peserta dalam mengelola dan menyelesaikan masalah yang sedang akan ditemui dalam jabatannya sebagai seorang sekretaris daerah nantinya.

Penyelesaian masalah tersebut lanjut Fatoni tentu berkaitan erat dengan program prioritas dari setiap peserta serta inovasi-inovasi yang nantinya akan diimplementasikan.

"Sebagai top manager dalam pemerintahan, seorang Sekprov diharapkan mampu menjadi seorang leader bagi rekan sekerjanya, seorang dinamisator atau penyeimbang hubungan dengan mitra kerja Provinsi Sulawesi Utara baik instansi vertikal, legislatif maupun yudikatif," jelas Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri ini (Kemendagri).

Pejabat esalon I Kemendagri ini menambahkan, melalui penulisan makalah ini diharapakn setiap peserta dapat memunculkan ide-ide kreatif, mampu menilai dan solutif terhadap berbagai isu-isu strategis yang berkembang sekarang ini," pesan mantan Pj Gubernur Sulut ini.

"Berikan sumbangsih terbaik bagi daerah Sulawesi Utara melalui kerja nyata saudara nantinya," sambungnya.

Diketahui, 5 Peserta Calon Sekprov yang dinyatakan memenuhi syarat oleh Panitia Seleksi untuk mengikuti tahapan ini, masing-masing; Fransiscus Engelbert Manumpil, Steve Hartke Andries Kepel, Debie K R Kalalo, Fery Roby Jones Sangian dan Izak Robert Paul Rey. (*/red)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 5 Peserta Calon Sekprov Sulut Ikuti Tahapan Tes Penulisan Makalah

Terkini

Topik Populer

Iklan