Iklan

Iklan

Olly Berangkat ke Jakarta ditengah Isu Jabatan MenPAN-RB

dikanal
22 Agustus 2022, 01:52 WIB Last Updated 2022-08-21T17:53:32Z
Olly Dondokambey. Foto: Istimewa


JAKARTA, dikanal.com -
Ditengah isu santer jabatan MenPAN-RB bakal diisi oleh kader-kader berprestasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) setelah wafatnya Tjahjo Kumolo, beberapa nama kader PDIP yang diusulkan pun dipastikan telah mengerucut.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Namun, nanti akan dibahas Presiden dengan Ibu Mega," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, beberapa waktu lalu.

Teripisah, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto kembali mengungkapkan jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) akan diisi oleh kader PDIP yang berprestasi.

“Pokoknya nama-nama kader PDIP yang berprestasi,” ujar Hasto saat menemui awak media di pelataran Gelora Bung Karno, Minggu (21/8/2022) dikutip dari harianjogja.com.

Dia mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekernoputri sudah memberikan usulan nama-nama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Hasto, Jokowi nantinya akan memberi jabatan MenPAN-RB kepada salah satu nama yang diusulkan Megawati.

“Kami ini kan taat asas, ada nama-nama yang disampaikan dan kemudian Presiden Jokowi yang mengambil keputusan atas nama yang disampaikan,” ungkapnya.

Ditengah isu menguatnya kader-kader berprestasi dari PDIP yang bakal mengisi jabatan MenPAN-RP, nama Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey dikabarkan berangkat ke Jakarta.

Gubernur Sulawesi Utara ini juga diisukan menguat sebagai kandidat MenPAN-RB.

"Besok (ke Jakarta) temenin Puan Maharani," kata Olly dihubungi, Minggu (21/8/2022) dilansir detik.com.

Olly mengatakan dirinya ke Jakarta hanya untuk mendampingi Puan menemui Surya Paloh. Tidak ada arahan lain dari partai.

Bukan hanya dirinya yang diminta dampingi Puan di pertemuan dengan Surya Paloh besok, tapi juga tokoh lain seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hingga Ketua Bapilu Bambang Wuryanto.

"Saya, Mbak Puan, Pak Sekjen. Nggak banyak ada 5-6 orang," katanya.

Sementara, Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP, Puan Maharani memastikan nama-nama telah diusulkan kepada presiden.

"Sudah pasti ada nama-nama calonnya," kata Puan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022) dikutip dari detik.com.

Puan mengatakan sejatinya nama-nama pengganti almarhum Tjahjo merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Dia pun meminta publik menunggu pengumuman resminya.

"Tapi itu hak prerogatif Presiden. Jadi kita tunggu saja pengumuman dari Presiden," ujar Ketua DPP RI ini.

Saat ditanya apakah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang akan mengisi kursi MenPAN-RB, Puan enggan menjawabnya. Namun yang pasti, menurut Puan, nama itu akan membuat publik terkejut.
"Ya nggak ya?" kata Puan.

"Ya nanti kita lihat pas diumumin, pasti bikin kejutan," ujar Puan menjawab lagi pertanyaan soal kebenaran Olly Dondokambey bakal mengisi kursi MenPAN-RB.

Sebelumnya, istana mengisyaratkan Jokowi akan melantik MenPAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo sebelum akhir Agustus. Apalagi, Jokowi sudah mengantongi nama-nama kandidatnya.

Sedangkan saat ini, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD ditunjukan sebagai pelaksana tugas (Plt) MenPAN-RB oleh Jokowi. (*/red)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Olly Berangkat ke Jakarta ditengah Isu Jabatan MenPAN-RB

Terkini

Topik Populer

Iklan