Iklan

Iklan

Gubernur Olly Dorong Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Karir Apoteker

dikanal
06 Oktober 2022, 09:10 WIB Last Updated 2022-10-06T01:11:31Z

Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Mukernas HISFARSI 2022

Pembukaan kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Musyawarah Kerja Nasional Himpunan Semminat Farmasi Rumah Sakit  Tahun 2022 di kota Manado


SULUT, Komentar.co - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendukung pelaksanaan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Himpunan Semminat Farmasi Rumah Sakit (HISFARSI) Tahun 2022 yang digelar 05 - 07 Okotober 2022 di kota Manado.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bapelitbang Sulut dr Jemmy Lampus MKes pada pembukaan PIT dan Mukernas HISFARSI Tahun 2022, Rabu (05/10/2022).

"Selamat datang dan Selamat Bakudapa (Bertemu) kepada Ketua Umum Pengurus Pusat HISPARSI beserta jajarannya, perwakilan pengurus HISPARSI daerah dan seluruh peserta kegiatan didaerah Bumi Nyiur Melambai," ucap Gubernur Olly dalam sambutan tertulis, dikutip dr Jemmy Lampus.

Masih dalam sambutan, Lanjut Lampus, kegiatan bertaraf nasional yang bernilai penting dan strategis dibidang kesehatan khususnya didunia farmasi rumah sakit para peserta mampu menghasilkan ouput outcome dan impact yang optimal.

"Kegiatan ini kiranya mampu meningkatkan kapasitas dan wawasan bagi apoteker sekaligus dapat menghasilkan kesepakatan paripurna terkait perkembangan teknologi informasi serta isu-isu strategis yang terjadi dibidang kesehatan," ujarnya.

Lebih jauh, Gubernur Olly mengakui, keberhasilan pemerintah mengendalikan Covid-19 dari pandemi yang saat ini menuju endemi tidak terlepas dari peranan para apoteker sebagai bagian dari tenaga kesehatan.

"Apoteker terlibat langsung dan mendedikasikan hidupnya sebagai apoteker-apoteker handal yang senantiasa memberikan layanan farmasi kepada masyarakat secara optimal dan profesional," kata orang nomor satu di Sulut ini.

Gubernur Olly berharap melalui kegiatan strategis bisa mendapatkan capaian dan manfaat yang positif sekaligus menjadi wahana rekreatif bagi seluruh peserta dari luar daerah untuk bisa menikmati keindahan panorama di Sulawesi Utara.

"Sulawesi Utara saat ini dalam keadaan sangat kondusif. Pemerintah provinsi Sulawesi Utara dalam upaya pemulihan ekonomi saat ini sedang mengoptimalkan kembali beberapa sektor penting, seperti pariwisata dan UMKM. Pada bidang kesehatan, Pemprov Sulut telah membangun 3 (tiga) rumah sakit baru, yaitu; RSUD ODSK, Rumah Sakit Mata dan Rumah Sakit Jiwa V L Ratumbuysang untuk mendukung pelayanan prima dibidang kesehatan," jelasnya.

Diakhir sambutan, Gubernur Olly mengajak para peserta untuk terus berkolaborasi dan menjaga bahkan meningkatkan sinergitan dalam mendukung serta mengsukseskan setiap kebijakan dan program kerja pemerintah pusat dan pemerintah daerah, khususnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Mari kita jadikan pertemuan ilmiah dan Mukernas ini sebagai wadah evaluasi dan komunikasi dalam merencanakan dan membahas setiap program strategis terhadap permasalahan dan isu-isu strategis yang berkembang. Terlebih dalam melaksanakan tindak lanjut dari kesepakatan yang diperoleh sehingga berkontribusi nyata terhadap pembangunan dan perwujutan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang kawasan asia pasifik," kuncinya.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Nofendri Roestam menyampaikan 2 (dua) program penting yang turut dibahas dalam Mukernas HISFARSI Tahun 2022.

"Melalui kegiatan PIT dan Mukernas HISFARSI 2022, IAI mengupayakan program peningkatan kompetensi dan pengembangan karir apoteker di Indonesia," katanya.

Selain itu, Roestam juga menyebutkan rencana penambahan apoteker spesialis yang saat ini menjadi rencana dari IAI.

"Kami sedang bekerjasama dengan pemerintah, termasuk bekerjasama dengan perguruan tinggi, rumah sakit dalam merencanakan program apoteker spesialis," ungkapnya.

"Saat ini kami sudah memiliki Apoteker Spesialis Farmasi Nuklir dan kami sedang merintis ada 4 (empat) apoteker spesialis yaitu Anak, Onkologi, Itensif Care dan Spesialis Penyakit Dalam," sambungnya.

Sementara, Ketua Umum Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (HISFARSI) DR apt Amrizal Marzuki, M Kes, MARS menyampaikan, sebagai organisasi profesi HISFARSI, melalui kegiatan ini, ingin dibangun kekompakan dan menjalin silahturahmi sesama anggota apoteker, khususnya apoteker rumah sakit.

Marzuki menambahkan, sudah menjadi tugas HISFARSI sebagai organisasi profesi saat ini dalam pengembangan kompetensi dan karir para anggota.

"Menjadi tugas HISFARSI meningkatkan kompetensi, kemampuan dan pengetahuan dari para apoteker yang mengarah pada pengemmbangan apoteker spesialis dalam 5 bidang, selain yang sudah ada yaitu Apoteker Spesialis Farmasi Nuklir," pungkasnya.

Diketahui, turut hadir pada kegiatan ini, perwakilan pemerintah provinsi Sulawesi Utara Kepala Bapelitbang Sulut dr Jemmy Lampus MKes, perwakilan Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, Ketua HISFARSI Sulut, Drs Gerald Christian Parera, Apt, Ketua DPRD kota Manado Dra. Aaltje Dondokambey, M Kes, Apt, Kepala Dinas Kesehatan kota Manado  dr Steaven Dandel serta para apoteker rumah sakit se-Indonesia. (jovi)






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Olly Dorong Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Karir Apoteker

Terkini

Topik Populer

Iklan