Iklan

Iklan

Tegas! Presiden Jokowi: Hentikan Sementara Pertandingan Liga 1

dikanal
02 Oktober 2022, 17:03 WIB Last Updated 2022-10-02T09:08:04Z
Keterangan Pers Presiden Joko Widodo Terkait Tragedi Sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang, Provinsi Jawa Timur.


JAKARTA, dikanal.com -
Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) untuk menghentikan sementara pertandingan Liga 1.

Hal itu ditegaskan Jokowi usai tragedi meninggalnya ratusan sporter pascapertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya distadion Kanjuruhan Malang provinsi Jawa Timur pada Sabtu 01 Oktober 2022 malam.

“Saya perintahkan PSSI untuk menghentikan sementara pertandingan Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” tegas Presiden Jokowi dalam keterangan Pers melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (2/10/2022).

Presiden Jokowi juga meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi tragedi Kanjuruhan sampai selesai.

“Saya perintahkan Kapolri untuk melakukan investigasi dan usut tuntas kasus ini,” katanya.

Jokowi menambahkan kericuhan yang terjadi pascapertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya ini merupakan tragedi sepak bola terakhir di Tanah Air.

Diketahui, tragedi Kanjuruhan terjadi usai pertandingan dengan skor akhri Arema FC 2 - 3 Persebaya Surabaya.

Kerusuhan tersebut semakin membesar karena sejumlah flare dilemparkan termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter yang semakin anarkis. Akan tetapi, jumlah petugas keamanan tidak sebanding dengan jumlah ribuan suporter Arema FC tersebut.

Petugas pun mengambil tindakan terukur dengan menembakkan gas air mata di dalam lapangan. Didiuga, tembakan gas air mata membuat banyak penonton mengalami kesulitan bernapas, penonton panik dan bahkan ada yang pingsan sehingga berdesakan untuk ke luar stadion. (jovi)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tegas! Presiden Jokowi: Hentikan Sementara Pertandingan Liga 1

Terkini

Topik Populer

Iklan