Iklan

Iklan

Gubernur Olly Dondokambey Irup Peringatan Hari Pahlawan

dikanal
11 November 2022, 20:30 WIB Last Updated 2022-11-11T12:30:38Z
Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022) di TMP Kairagi, Manado. Foto: Istimewa


SULUT, Komentar.co -
 Peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 disambut Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan melaksanakan upacara bendera.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada jalannya upacara yang dipusatkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Kamis (10/11/2022).

Pada momentum Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 yang mengangkat tema ‘Pahlawanku Teladanku’ itu, Gubernur Olly mengajak semua pihak untuk mengenang jasa dan semangat serta perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran untuk menjaga dan mempertahankan Kemerdekaan.

“Khususnya pertempuran besar pascakemerdekaan pada tanggal 10 November 1945, yang dikenal juga sebagai Pertempuran Surabaya,” ucapnya.

Peringatan Hari Pahlawan, sebut Olly tak bisa lepas dari perjuangan gigih Bung Tomo.

“Peringatan Hari Pahlawan adalah momentum mengenang perjuangan Bung Tomo dan kawan-kawan di Surabaya, dalam semangat menjaga dan memperkuat kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Gubernur Olly.

Dia juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kemerdekaan demi kesatuan NKRI, dengan tetap meneladani perjuangan para pendahulu untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah.

“Mari kita menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan terus menjaga dan merawat kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

“Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Kita jaga kemerdekaan dengan semangat Hari Pahlawan ini, agar supaya negara kita aman tenteram dan damai,” tandasnya.

Upacara diikuti dengan tabur bunga di makam pahlawan yang dipimpin Gubernur Olly bersama jajaran Forkopimda Sulut serta sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemprov Sulut.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur (Wagub) Steven O E Kandouw bertindak selaku inspektur upacara (irup) peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor Gubernur provinsi Sulawesi Utara.

Wagub Kandouw membacakan sambutan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

“Hari Pahlawan yang diperingati setiap tahun bertujuan untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka,” katanya.

“Pahlawanku teladanku dengan semangat untuk pulih lebih cepat diharapkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah gairah setiap elemen bangsa. Mari kita jadikan momentum ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, saling menghargai satu sama lain, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pelayan, pahlawan dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar,” ucapnya.

“Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, bersama membangun ingatkan kolektif bangsa. Agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan. Berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah belah bangsa, lawan paham radikal. Tumbuhkembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan jadi teladan kita mengarungi masa-masa penuh tantangan dan masa depan dan menjadi pemenang,” tukasnya.

Turut hadir, Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Esellon III dan IV, serta seluruh ASN dan THL di lingkungan kantor Gubernur. (*/jovi)






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Olly Dondokambey Irup Peringatan Hari Pahlawan

Terkini

Topik Populer

Iklan