Iklan

Iklan

Universitas Sam Ratulangi Terbaik II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi Tahun 2022

dikanal
01 Februari 2023, 13:29 WIB Last Updated 2023-02-02T05:35:14Z
Rektor Unsrat bersama pimpinan perguruan tinggi lainnya saat menerima penghargaan dari BPS Pusat. Foto: Istimewa


JAKARTA, dikanal.com -
Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado kembali mendapat National Award, yakni sebagai juara II Pengelolaan Pojok Statistik perguruan tinggi tahun 2022.

Universitas ternama di Kota Manado ini bersaing dengan 82 perguruan tinggi se-Indonesia.
Penghargaan itu diberikan oleh Kepala BPS Pusat di Jakarta pada, Senin (30/1/2023), disaksikan oleh Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas.

Penyerahan penghargaan itu dirangkaikan dengan acara launching Reformasi Birokrasi 2023 dengan tema Kolaborasi Mewujudkan Indonesia Maju.

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng saat itu didampingi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr Ronny Maramis SH MH, dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Ir Sangkertadi DEA.

Penghargaan juga diberikan kepada BPS Sulut yang diterima oleh Asim Saputra, Kepala BPS Sulut, dimana BPS Sulut menjadi Mitra Unsrat dalam berkolaborasi.

“Universitas Sam Ratulangi sebagai lembaga pendidikan tinggi terbaik di wilayah Indonesia Timur senantiasa mengembangkan diri melalui kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan Badan Pusat Statistik,” ujar Sangkertadi.

Sangkertadi memaparkan, BPS adalah lembaga negara yang memang memiliki tupoksi dalam mensensus, mengoleksi dan mengelola berbagai data untuk kepentingan akademik dan pembangunan.

“Karena itu maka Unsrat berkepentingan untuk bekerjasama dengan BPS dalam rangka pengembangan bidang tridharma perguruan tinggi,” ujar Sangkertadi.

Saat menyampaikan sambutan, Sompie menyampaikan bahwa Pojok Statistik di Unsrat merupakan pusat pengelolaan data dan informasi statistik yang bersumber dari BPS.

“Fasilitas ini berdiri pada tahun 2022, segera setelah ditandatangai MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan BPS Sulut pada tahun 2021,” ujar Sompie.

Pojok Statistik Unsrat dipimpin oleh Dr Deiby Salaki SSi MSi dari FMIPA. Segera setelah peresmian Pojok Statistik pada 5 Oktober 2022, tim itu langsung melakukan pergerakan taktis. Salah satunya dengan mengikuti pameran di Manado Town Square pada akhir Oktober 2022, dalam rangka memasyarakatkan statistik bagi kalangan umum.

Kemudian juga menyelenggarakan seminar nasional dengan nara sumber ahli statistik dari BPS.

Selain itu, sejumlah mahasiswa Unsrat juga dinobatkan sebagai Duta Statistk dalam melayani proses pendataan, pengolahan data atau distribusi data bagi kalangan umum maupun pihak tertentu yang menbutuhkan.

Sompie berpesan pada jajarannya agar fasilitas Pojok Statistik bukan nantinya hanya sekedar dipelihara namun juga harus terus dikembangkan melalui kerjasama yang lebih erat dengan BPS.

“Pojok Statistik Unsrat juga harus berperan membantu pembangunan Provinsi Sulut melalui pengolahan data data akurat yang dikelola,” ujarnya.

Ia menambahkan, kini para mahasiswa, dosen dan peneliti Unsrat dalam mencari data data untuk pembelajaran maupun penelitian, tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain.

“Cukup datang ke Pojok Statistik atau mengkakses melalaui jaringan internet yang terhubung,” ujar Sompie. (*/jovi)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Universitas Sam Ratulangi Terbaik II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi Tahun 2022

Terkini

Topik Populer

Iklan