Iklan

Iklan

Berhasil Raih Adipura, JG-KWL Target Tambah Koleksi Penghargaan di Minut

dikanal
01 Maret 2023, 12:27 WIB Last Updated 2023-03-07T04:36:36Z
Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung


MINUT, dikanal.com -
Setelah dua hari merayakan dua tahun kepemimpinannya menahkpdai Kabupaten Minahasa Utara (Senin 27 Februari 2023 kemarin), keesokan harinya pasangan bertangan dingin, Bupati Joune Ganda SE, MAP, MM, MSi - Kevin William Lotulung SH. MH (JG-KWL) persembahkan penghargaan tertinggi dibidang kebersihan dan lingkungan Sertifikat Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Selasa (28/2/2023) malam.

Penghargaan tertinggi dibidang kebersihan dan lingkungan Sertifikat Adipura, oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini diserahkan langsung oleh Menteri KLHK RI DR Ir Siti Nurbaya, MSC, kepada Wakil Bupati Minut Kevin W Lotulung, di gedung Manggala Wanabakti, Ibukpta negara (Jakarta), yang didampingi Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup, Marthen Sumampouw.

Di Kabupaten Miahasa Utara, Bupati Joune J E Ganda SE, MAP, MM, MSi menyambut haru penghargaan bergengsi ini. Borakrat muda Alumni Universitas Indonesia (UI) ini mengaku, mengantongi  Sertifikat Adipura itu bukanlah final dari program Adipura.
Penghargaan Adipura. Foto: Istimewa


"Ini baru langkah awal atau katakanlah baru dimulai. Kan dulu tahun 2017 kebawah, Minut pernah tiga kali menggondol Piala Adipura, mengapa kita tidak mengulanginya," tukas Bupati Joune Ganda.

Setelah meraih Sertifikat Adipura 2022 ini, lanjut Joune, kabupaten Minahasa Utara berarti telah mengetuk pintu Kementrian Lingkungan Hidup, untuk meminta the next Piala Adipura yang lama hilang dari Minahasa Utara.

"Usai masa pandemi, dimana pemerintah sedang membenahi ekonomi dan pangan, mengingat kita juga punya DPSP dan KEK Likupang yang harus sinkron dengan Adipura, maka saya dan Kevin mengajak seluruh kalangan di Minahasa Utara untuk selalu menjaga kebersihan," seru lulusan S2 Universitas Samratulangi 2023 ini.

Program Jumat Pagi Jaga Kebersihan Wilayah dan Lingkungan (Jumpa JGKWL), cetusan JG-KWL ternyata sangat mujarab. Menurut Bupati JG, sejak awal kepemimpinannya, dia dan Wakil Bupati telah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang bersih, tertib, aman, nyaman dan sehat di Kabupaten Minahasa Utara.

Diketahui, Kabupaten Minahasa Utara Raih sertifikat Adipura Tahun 2022 atas kinerja dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus menilai kabupaten/kota di Indonesia sebagai peraih Adipura 2022, meliputi Adipura Kencana, Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura, Adipura merupakan penghargaan bagi kab/kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan.

Ada 61 Kab/Kota meraih sertifikat Adipura. Kabupaten Minahasa Utara menerima sertifikat Adipura Tahun 2022 untuk kategori kota kecil atas kinerja dalam Pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, penerimaan ini merupakan kali pertama kalinya dibawah nahkoda JG-KWL.

"Mari kita bersama-sama JaGa-KaWaL keamanan, kebwrsihan, ketwrtibanndan keindahan di tanqh air kita tercintq ini, agar seiring waktu berjalan, Minut mampu mwnjadi pelanggan Adipura. Mari masyarakat Minut dukung program pemerintah.mencanangkan dan membudayakan tradisi hidup bersih dan sehat, agar optimisme kita meraih Adipura bukan hanya impian semata," pungkas JG.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Utara, Marthen Sumampouw, sebagai salah satu OPD yang berperan penting dalam mendongkrak barometer Adipura, mengaku semua itu tak lepas dari kerja keras dan support pasangan JG-KWL kepada pihaknya.

"Tanpa kerja keras dan support Pak Bupati dan Wakil Bupati, kami tidak akan terinspirasi untuk memaksimalkan tupoksi kami menggalang kebersihan untuk Minut ini," ucapnya.

Pihaknya berharap, kedepan nanti, seiring target JG-KWL untuk menyabet Adipura, memang bukanlah pekerjaan mudah bagi DLH Minut. Namun, sebagai instansi berkompeten dalam hal ini, pihaknya akan selalu siap melaksanakan semua perintah junjungannya.

"Untuk masyarakat Minut, kami selalu memghimbau, mari dukung  setiap program Bupati-Wakil Bupati Minut, sebab semua yang silakukan pemwintah tak lain adalah untik sukses dan kebesaran nama Kabupaten Minahasa Utara yang kita cintai ini," tegas Sumampouw. (*/jovi)






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berhasil Raih Adipura, JG-KWL Target Tambah Koleksi Penghargaan di Minut

Terkini

Topik Populer

Iklan