Iklan

Iklan

Digelar Lemhannas RI, Dosen dan Guru serta Widyaiswara di Sulut Ikut ToT Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan

dikanal
06 Juni 2023, 15:01 WIB Last Updated 2023-06-06T07:03:29Z
ToT Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang diikuti para Dosen, Guru dan Widyaiswara di Sulut. Foto: Istimewa


SULUT, dikanal.com -
Sebanyak 100 peserta mengikuti Pelatihan Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru dan Widyaiswara di Provinsi Sulut, di Hotel Sutanraja, Minut, Selasa (06/06/2023).

ToT yang digelar Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dengan mengusung tema ‘Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru dan Widyaiswara’ ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Pelatihan ToT direncanakan berlangsung selama 11 hari sampai 16 Juni 2023 dan diikuti oleh 35 orang dosen, 9 orang Widyaiswara, 42 orang orang guru, 8 orang anggota TNI dan 6 orang anggota Polri.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto mengungkapkan bahwa pelatihan ini diikuti 100 peserta, yang terdiri atas 60 laki-laki dan 40 perempuan.

“Agar semakin mantap serta mampu memperkuat nilai-nilai kebangsaan, khususnya di Sulut,” kata Gubernur Lemhannas RI, Widjajanto.

Malahan, tambah Gubernur Lemhannas RI, para peserta yang ikut dalam pelatihan selama 11 hari ini, akan menjadi bagian dari Lemhannas.

“Ibu/bapak setelah lulus dalam pelatihan ini akan menjadi bagian dari Lemhannas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan untuk pelatih ini dilakukan untuk memperkuat wawasan kebangsaan di Provinsi Sulut yang merupakan salah satu dari fungsi yang diberikan Pemerintah kepada Lemhannas.

“Ini dilakukan untuk memantapkan nilai kebangsaan berdasarkan empat konsensus yang telah kita sepakati. Di pelatihan ini nanti juga akan diberikan materi-materi tentang geopolitik, akan diberikan materi tentang empat konsensus dasar Pancasila, Undang-Undang Dasar, NKRI dan juga Bhineka Tunggal Ika,” terangnya.

Selain itu, kata Widjajanto, saat pelatihan akan didiskusikan dinamika-dinamika terkini, termasuk bagaimana secara terus menerus mengandalkan nilai-nilai kebangsaan untuk mengantisipasi Tahun Politik, Pemilu 2024.

Ia juga menyampaikan mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara yang telah memberikan dukungan kepada pihaknya, sehingga kegiatan Pelatihan untuk Pelatih dapat terlaksana di Sulut.

“Terimakasih untuk Pemprov Sulut, Pangdam, Kapolda serta Forkopimda yang menerima kami di Kota Manado ini, sehingga acara ini bisa dilaksanakan oleh Lemhannas,” ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Kominfo Evans Steven Liow, S.Sos, MM yang mewakili Gubernur Sulut, Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Fery Sangian S.Sos dan para peserta Pelatihan untuk Pelatih serata keluarga besar Lemhannas RI. (jovi/*)





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Digelar Lemhannas RI, Dosen dan Guru serta Widyaiswara di Sulut Ikut ToT Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan

Terkini

Topik Populer

Iklan