Iklan

Iklan

Ini Pesan Penting Rektor Prof Berty Sompie di Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

dikanal
18 Agustus 2023, 01:16 WIB Last Updated 2023-08-20T06:21:12Z
 Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU ASEAN Eng. Foto: Istimewa


MANADO, dikanal.com
Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Oktovian Berty Alexander Sompie mengatakan tentang pentingnya gotong royong dan bergerak serentak untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

Hal itu disampaikan Prof Berty Sompie mengutip bagian dari sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di lapangan Unsrat, Kamis (17/8/2023).

Rektor Prof Berty Sompie dengan mengenakan pakaian adat Minahasa saat menjadi inspektur upacara menyampaikan ajakan menteri untuk memaknai perjuangan para pendahulu.

“Sebab dari mereka kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang diraih dengan perjuangan,” ungkapnya.

Kemerdekaan, kata Rektor, bukan hadiah bangsa asing, melainkan lewat pengorbanan jiwa dan raga.
Sementara perjuangan dunia pendidikan saat ini adalah berkaitan dengan program Merdeka Belajar.

Sebab lewat Kurikulum Merdeka, kata dia, para peserta didik dan para pendidik bisa merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar.

Namun dirinya mengingatkan akan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia.

“Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia,” kata dia.

“Untuk itu mari kita lanjutkan semangat para pendahulu agar senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Turut hadir Wakil Rektor I, Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung MSc, Wakil Rektor II, Dr Ronny Maramis SH MH, dan jajaran lainnya. (jovi/*)





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Pesan Penting Rektor Prof Berty Sompie di Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Terkini

Topik Populer

Iklan