Iklan

Iklan

Prof Berty Sompie Terima Kunjungan Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto

dikanal
06 Juni 2023, 09:14 WIB Last Updated 2023-08-16T01:19:52Z
Kuliah Umum 'Kompetisi Hegemoni, Pancasila & Indonesia'

Rektor Unsrat Prof Berty Sompi saat menyerahkan cenderamata kepada Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, Andi Widjajanto. Foto: Istimewa


MANADO, dikanal.com -
Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie menerima kunjungan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Andi Widjajanto, Selasa (06/06/2023).

Dalam kunjungan kali ini Andi Widjajanto juga memberikan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi dengan topik “Kompetisi Hegemoni, Pancasila & Indonesia.

Prof Berty Sompie menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus merasa sangat terhormat atas kunjungan Gubernur Lemhanas RI di Universitas Sam Ratulangi.

Rektor mengatakan, kuliah umum ini sebagai bentuk konkrit kontribusi yang sangat berharga dari Gubernur Lemhanas kepada Unsrat dalam memperkaya wawasan kebangsaan kita.

“Filosofi Dr. Sam Ratulangi “Si Tou Timou Tumow Tow” juga menjadi salah pokok penting kontribusi terhadap wawasan kebangsaan,” kata Prof Sompie.

Sementara itu Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto, menekankan Lanskap Geopolitik Indonesia mengahadapi kekuatan bertahan Amerika Serikat di utara dan kekuatan ekspansif Cina di selatan.

“Oleh karena itu Indonesia harus memiliki kemampuan sendiri yaitu tidak berpihak ke utara maupun ke selatan,” katanya.

Lanjut Widjajanto, menghadapi berbagai tantangan global Indonesia mengembangkan Geopolitik berbasis Pancasila, dimana Indonesia bukan negara agama, bukan negara ateis dan juga bukan negara sekuler.

“Masa depan Indonesia menjadi negara maju dan besar antara lain ditentukan bagaimana membangun kualitas demokrasi yang menjamin hak asasi manusia dan toleransi beragama, dengan kata lain memperkokoh serta mengimplementasi Pancasila sebagai Dasar Negara,” pungkasnya. (jovi/*)





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Prof Berty Sompie Terima Kunjungan Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto

Terkini

Topik Populer

Iklan