Iklan

Iklan

Mahasiswa Fisika FMIPA Unsrat Implementasikan Kurikulum OBE di Kawasan Geotermal Hutan Pinus Tomohon

dikanal
11 November 2023, 23:51 WIB Last Updated 2023-12-13T19:57:10Z
Mahasiswa Prodi Fisika FMIPA Unsrat saat studi lapangan di kawasan georemal Hutan Pinus Tomohon. Foto: Istimewa


MANADO, dikanal.com -
Mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menjalankan Studi Lapangan di Kawasan Geotermal Hutan Pinus Tomohon, Sulawesi Utara pada, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan ini merupakan implementasi Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) dengan metode berbasis proyek.

Studi Lapangan ini merupakan hasil integrasi dua mata kuliah, yaitu Vulkanologi dan Geotermal yang diampu oleh Dr. Dolfie P Pandara, SPd, M.Si dan Berton Siahaan, S.Si, M.Si serta Geolistrik-Georadar yang diampu Dr (c) As’ari, S.Si, M.Sc dan Ferdy, S.Si, M.Si.

"Dalam pembelajaran di kampus, mahasiswa telah merancang proposal yang berisi desain akuisisi data untuk eksplorasi geotermal menggunakan metode geolistrik," ujar Dr. Dolfie P Pandara.

Lanjut Pandara, mahasiswa terlibat dalam pengoperasian peralatan geolistrik, pengambilan data, pengolahan data, dan deskripsi struktur bawah permukaan di Kawasan Geotermal Hutan Pinus Tomohon.

"Proyek ini diakhiri dengan pembuatan Laporan Akhir Proyek yang akan memuat informasi tentang struktur bawah permukaan kawasan geotermal dan menjadi data eksplorasi di masa mendatang," jelasnya.

Sementara hasil studi lapangan ini kata Pandara, rencananya akan disampaikan dalam Seminar Nasional dan Terapan VII mendatang.

"Hasil proyek ini akan disampaikan pada Seminar Nasional dan Terapan VII yang akan dilaksanakan di FMIPA Unsrat pada tanggal 24 November 2023," kuncinya.(*/jovi)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Fisika FMIPA Unsrat Implementasikan Kurikulum OBE di Kawasan Geotermal Hutan Pinus Tomohon

Terkini

Topik Populer

Iklan