Iklan

Iklan

Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unsrat 2024 Diwarnai Kegiatan Ilmiah

dikanal
24 Mei 2024, 22:05 WIB Last Updated 2024-06-18T05:14:00Z
Foto: Dokumentasi Unsrat


MANADO, dikanal.com -
Sejumlah kegiatan ilmiah mewarnai peringatan Dies Natalis ke- 65 Fakultas Kedokteran (FK) Unsrat Tahun 2024. Kegiatan-kegiatan itu dilaksanakan, Rabu hingga Jumat (22-24/5/2024) dengan megambil lokasi baik di kompleks Fakultas maupun di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. RD Kandouw.

Kegiatan ilmiah tersebut terdiri dari simposium, workshop, mini simposium, Manado Surgical Update 6 (MSU), dan Basic Surgical Skill Course (BSS). Sejumlah pakar dan praktisi baik dari daerah Sulut maupun luar daerah ini dihadirkan sebagai pembiacara/narasumber sementara pesertanya baik mahasiswa maupun dosen dan dokter.

Ada kegiatan yang dilaksanakan secara luring (tatapmuka langsung) tapi ada juga lewat daring (zoom).

Seluruh rangkaian kegiatan ilmiah ini dibuka pelaksanaannya oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado Prof. Dr. dr. Nova Hellen Kapantow, DAN, MSc, Sp.GK didampingi Wakil Dekan 1 Dr. dr. Nurdjannah Jane Niode, Sp.DVE, Subsp.Ven saat seminar Transformasi Kedokteran Melalui Peningkatan Riset dan Inovasi Teknologi Kesehatan di Auditorium Faked Unsrat, Rabu (22/5/2024).

Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis ke- 65, Dr. dr. Mendy Hatibie Oley, Sp.BP (K) dalam laporannya mengatakan, 65 tahun Fakultas Kedokteran berdiri tentunya bukan hal yang mudah untuk dilalui akan tetapi dengan bertambahnya umur dari almamater kita memberikan kesiapan untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam pendidikan.

Diakui, walau hanya dalam waktu singkat dan begitu banyak hari libur, panitia terus berusaha memberikan yang terbaik untuk Fakultas Kedokteran lewat beberapa pelaksanaan kegiatan ilmiah.

Adanya perkembangan yang terjadi, sebutnya, tentu mengharuskan kita untuk dapat menyesuaikan pada perkembangan tersebut. Itulah yang saat ini panitia coba untuk kolaborasikan.

Kegiatan-kegiatan ilmiah yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Dies Natalis Tahun ini berintegrasi dengan pelataran Sehat. Oleh karena itu, kebutuhan akan SKP membuat panitia mengkolaborasikan kegiatan dies ini agar memberikan manfaat signifikan, jelas dan bermutu.

Dijelaskan, simposiun hari pertama bileh menghasilkan 5 SKP Kemenkes. Kemudian simposiium tentang Leadership by Example mempunyai 1.5 SKP; Mini Simposium masih menunggu untuk dikeluarkan SKP. Kegiatan hari ketiga terdiri dari Manado Surgical Update 6 (MSU) 2 SKP, Mini Seminar dan Workshop 3.5 SKP dan Basic Surgical Skill Course (BSS) 6 SKP.

“Selaku ketua panitia tentunya sangat berharap kegiatan ini boleh terus terlaksana,tidak hanya dalam peringatan 65 tahun ini akan tetapi dapat berlanjut di tahun-tahun selanjutnya dengan inovasi-inovasi, ide-ide yang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Dekan Fakultas Kedoktera Unsrat, Prof Nova Hellen Kapantow dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan-kegiatan ilmiah yang dilakasanakan dalam rangka Dies Natalis ke-65 ini berhubungan dengan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Dengan mengangkat tema Transformasi Kedokteran Melalui Peningkatan Riset dan Inovasi Teknologi Kesehatan kegiatan Ilmiah yang dilangsungkan selama 3 hari yakni Simposium, Workshop, Mini Simposium, Manado Surgical Update 6 (MSU), dan Basic Surgical Skill Course (BSS) boleh tercanangkan.

“Di momen saat ini, saya tentunya mengajak seluruh civitas akademik untuk terus berinovasi dan berkolaborasi. Mari kita gunakan momentum dies natalis ini sebagai langkah awal untuk lebih maju, berkembang, dan berkontribusi lebih luas lagi dalam bidang kedokteran dan kesehatan,” ujar Profesor Nova sapaan akrab Dekan.

Prof Nova Kapantouw berharap kegiatan ilmiah ini dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-65 tidak hanya berlalu begitu saja, tetapi melalui kegiatan ini dapat memicu semangat baru bagi kita semua untuk dapat melanjutkan apa yang telah kita upayakan ini bahkan boleh terus menghasilkan inovasi yang baru ataupun ide ide yang cemerlang.

Dekan berterima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan rangkaian acara ilmiah ini. Acara yang boleh dikemas dalam 3 hari dengan mengambil begitu banyak pembicara yang ahli di bidangnya bahkan boleh berkolaborasi dengan Pelataran Sehat sehingga setiap kegiatan Simposium, Workshop, Mini Simposium, Manado Surgical Update 6 (MSU), dan Basic Surgical Skill Course (BSS) boleh mengahasilkan SKP.

“Mari kita nikmati rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-65 ini dengan penuh rasa semangat, antusias, syukur dan kegembiraan. Semoga acara ini berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Kegiantan ini turut dihadiri, Ketua Senat Unsrat Manado Prof. Dr. dr. Barnabas Harold Ralph Kairupan, SpKJ-K, KARKAP dan para panitia pelaksana termasuk seperti Dr. dr. Erwin Kristanto, SH, SpFM, SubSpPF(K), FISQua (Wakil Ketua). (*/ven)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unsrat 2024 Diwarnai Kegiatan Ilmiah

Terkini

Topik Populer

Iklan