Iklan

Iklan

Hadiri Wisuda Unsrat, Wagub Kandouw Beri Motivasi dan Ajak Wisudawan Tetap Optimis

dikanal
13 Juni 2024, 22:11 WIB Last Updated 2024-06-14T05:15:43Z
Wisuda Periode VI Tahun Akademik 2023-2024 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di Gedung Auditorium Unsrat, Kota Manado, Kamis (13/6/2024). Foto: Istimewa


MANADO, dikanal.com -
Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Drs Steven O E Kandouw menghadiri wisuda Periode VI Tahun Akademik 2023-2024 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di Gedung Auditorium Unsrat, Kota Manado, Kamis (13/6/2024).

Acara wisuda ini dihadiri Rektor Unsrat DR Berty Sompie dan para citivas akademika Unsrat. Wagub Steven Kandouw kesempatan itu menyampaikan rasa bangganya.

“Ini merupakan buah-buah dari kerja keras anda semua. Karena tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan. Pengorbanan waktu bertahun-tahun, pengorbanan biaya ongkos dari orangtua. Pengorbanan non material yang sangat memberatkan kita semua. Tapi Hari ini semua pengorbanan terhapus. Tidak hanya orangtua, saya juga bangga melihat anda semua mendapatkan gelar Doktor, Magister dan S1,” ungkapnya.

Wagub Kandouw mengatakan, sampai saat ini, Universitas Sam Ratulangi sudah menghasilkan 101 ribu sarjana selama Unsrat ini berdiri.

“Catatan saya dari 270 juta penduduk Indonesia yang sarjana tidak lebih dari 10 persen, tidak sampai 40 juta. 25 persen lulusan SMA dan 60 persen hanya SMP,” sebutnya.

Ia menjelaskan jika memakai parameter ekonomi, ada paramter menetapkan status ekonomi yang paling rendah biasa disebut ninja.

“Ninja itu no income, no job, dan no aset. Kalau anda sekarang memiliki aset yaitu Ijazah. Makanya saya tidak setuju kalau orang bilang sarjana itu pengangguran. Dengan ijazah saja anda sudah mengalahkan 85 persen orang di negeri ini. Dari 100 orang anda sudah mengalahkan 85 orang. Untuk itu, tegahkan kepala anda dan optimis menghadapi kehidupan bahwa anda memiliki komperatif yang tidak dimiliki orang lain,” tegas Kandouw.

Lebih jauh, Wagub Kandouw mengungkapkan kekuatan universitas salah satu parameternya ada pada kekuatan alumninya.

“Teruslah berkarya Unsrat dan teruslah membantu peradaban manusia khususnya manusia di Sulut,” pungkasnya. (*/jovi)





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hadiri Wisuda Unsrat, Wagub Kandouw Beri Motivasi dan Ajak Wisudawan Tetap Optimis

Terkini

Topik Populer

Iklan