Iklan

Iklan

Ir Dedie Tooy Beber Sejumlah Keberhasilan Fakultas Pertanian Unsrat di Puncak Dies Natalis ke-64

dikanal
14 Juni 2024, 16:55 WIB Last Updated 2024-08-06T19:28:36Z
Puncak Perayaan Dies Natalis ke- 64 Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Foto: Istimewa


MANADO, dikanal.com -
Puncak perayaan Dies Natalis Ke-64 Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado berlangsung dalam Sidang Senat Terbuka, Jumat (14/06/2024).

Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Manado Ir. Dedie Tooy, M.Si, PhD dalam laporannya memaparkan kondisi yang ada di Faperta Unsrat dewasa ini. Tak lupa pula dipaparkan beberapa keberhasilan yang telah dicapai selang tahun 2023/2024.

"Selang tahun 2023/2024 sejumlah keberhasilan telah dicapai. Di antaranya, ada 54 hasil penelitian terdaftar di HAKI (hak kekayaan intelektual) atau hak paten," kata Ir Dedie Tooy.

Dalam bidang pengabdian, lanjut dia, ada 51 kegiatan PNBP Unsrat dan beberapa lainnya oleh jurusan dan prodi.

"Kegiatan dalam rangka Dies Natalis antara lain Urban Farming di kintal Aman, Asri, Ramah dan Segar (AARS) Kota Manado (bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Manado)," ungkapnya sembari menambahkan ada juga Agribisnis dan Urban Farming penguatan agribisnis untuk ketahanan pangan dan agrowisata di Riverside Desa Airmadidi (bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara) serta Pengabdian dan kuliah pakar di Kabupaten Gorontalo.

Sementara, Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng. IPU. ASEAN Eng dalam sambutannya mengatakan, Fakultas Pertanian terus menunjukkan komitmennya untuk membangun kolaborasi dan meningkatkan daya saing baik ditingkat nasional maupun internasional melalui publikasi riset dan pelaksanaan seminar internasional yang berkontribusi pada jumlah artikel terindeks scopus.

Prof Berty Sompie berharap, kedepannya banyak lagi prestasi yang telah dicapai dan semakin banyak kontribusi Fakultas Pertanian Maju dan Berkelanjutan.
"Sehingga Fakultas Pertanian dan Unsrat pada umumnya akan maju bersama, semakin unggul, berbudaya menuju world class university," harap Rektor.

Ditempat yang sama, Gubernur provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Ir. Weldie Ruddy Poli dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Dies Natalis ini, komitmen dan prestasi serta semangat berkarya dalam membangun SDM yang handal, profesional menjadi pilar pembangunan di daerah ini.

"Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat tekad dan komitmen dalam menjadikan Fakultas Pertanian yang mampu melahirkan lulusan profesional, unggul dan berkarakter," kata Poli menutup sambutan tertulis Gubernur Olly Dondokambey. (*/jovi)






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ir Dedie Tooy Beber Sejumlah Keberhasilan Fakultas Pertanian Unsrat di Puncak Dies Natalis ke-64

Terkini

Topik Populer

Iklan